Pages

Rabu, 14 Mei 2014

Pengertian Fiber Optik

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.......

Dalam post kali ini saya akan memberikan pengertian Fiber Optic

A. Pengertian Fiber Optic




Gambar Fiber Optic



Fiber optic adalah kaca dan tabung plastik yang mampu mentransmisikan cahaya, kemudian diubah menjadi suara, pidato atau informasi. Fiber optik yang terdiri bidang yang berhubungan dengan studi dan penerapan teknologi fiber optik . Kabel fiber optik juga dikenal sebagai kabel fiber optik . Kabel ini menggunakan pulsa cahaya untuk membawa dan mengirimkan data dari titik ke titik. Kabel fiber optik dapat mengirimkan data dan sinyal pada bandwidth yang lebih tinggi dan pada kecepatan yang lebih cepat dari tembaga tradisional atau jalur kabel aluminium. Hal ini dapat digunakan dalam berbagai aplikasi transmisi data.

B. Fungsi Fiber Optic


1. Untuk mengarahkan gelombang cahaya dalam satu arah melalui proses pembiasan cahaya. Pada dasarnya, kabel fiber optik mengirimkan gelombang cahaya dari satu titik fisik yang lain dengan menangkap cahaya dalam kabel dan memantulkannya kembali ke dalam setiap kali ia mencoba untuk melarikan diri. Hal ini membuat fiber optik kabel semacam seperti sebuah prisma dari mana gelombang cahaya tidak dapat melarikan diri. Satu-satunya tempat untuk gelombang cahaya untuk pergi, maka, adalah ujung dari kabel fiber optik .

C. Struktur Fiber Optic





Struktur fiber optic terdiri dari beberapa susunan yaitu :

1. Cladding
    Merupakan lapisan paling luar yang melindungi inti dan memantulkan kembali cahaya yang terpancar keluar kemabli ke dalam inti 
2. Core
    Merupakan serat kaca yang tipis yang menjadi media cahaya untuk berjalan sehingga cahaya dapat ditaransferkan
3. Buffer Coating 
    Merupakan selubung plastik yang bertujuan untuk melindungi serat dari kerusakan yang diakibatkan dari lengkungan kabel dan gangguan luar.

D. Prinsip kerja fiber optic


1. Prinsip kerja dari fiber optic tergantung pada prinsip jumlah refleksi internal.

2. Refleksi cahaya dibiaskan berdasarkan sudut yang menyerang permukaan .
3. Prinsip ini berpusat pada cara kerja optik dalam membatasi sudut dimana gelombang cahaya dikirim yang dapat memungkinkan untuk mengontrol secara efisien sampai ketujuan.
4. Gelombang cahaya diarahkan ke ujung serat dengan direfleksikan di dalam inti.
5. Kabel fiber optik biasanya diaplikasikan pada infrastruktur jaringan telekomunikasi misalnya pada jaringan telepon dan jaringan komputer




Gambar bagian dari fiber optic

E. Jenis - Jenis Fiber Optic

1. Fiber optik Singlemode
Serat single mode memiliki core ukuran kecil, setiap kekuasaan dijalankan melalui cladding dapat dengan mudah hilang di mana tikungan serat.
  1. a. Keuntungan – Serat single mode

  •  Memiliki panjang operasi lebih besar dari lima mil.
  •  Mereka juga memiliki bandwidth yang lebih tinggi dibandingkan Multimode karena dispersi serat yang lebih rendah.

  1. b. Kekurangan Mode Single 

  •  Cahaya dari serat single mode hanya perjalanan ke pusat inti.
  •  Mereka juga menggunakan dioda laser, yang cenderung lebih kompleks dan mahal daripada dioda pemancar cahaya (LED).

2. Fiber optik Multimode
Modus count tergantung pada ukuran inti dan aperture numerik. Karena ukuran inti besar, menyelaraskan serat disambung lebih mudah.
  1. a. Keuntungan Multimode 

  • Serat multimode dapat menggunakan LED, yang lebih murah dan lebih tahan lama dibandingkan dioda laser. Daya juga didistribusikan ke dalam inti dan cladding.

  1. b. Kekurangan Multimode 

  •  Serat Multimode memiliki jangkauan operasi kurang dari lima mil. Sebagai ukuran inti dan aperture numerik meningkat, mereka juga cenderung kehilangan bandwidth.

Sekian post kali ini

Terima kasih telah mengunjungi blog ini dan semoga bermanfaat bagi anda =D

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh......


Sumber  http://pacarita.com/pengertian-fiber-optik-fungsi-fiber-optik-prinsip-kerja-fiber-optik-jenis-fiber-optik.html#ixzz31gzF5hSU






0 komentar:

Posting Komentar