Pages

Rabu, 14 Mei 2014

Pengertian Kabel UTP

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..........

Dalam post kali ini saya akan memberikan informasi seputar UTP

A. Pengertian UTP




Gambar Kabel UTP


Kabel UTP ( Unshielded Twisted Pair ) adalah jenis kabel yang terbuat dari bahan penghantar tembaga, memiliki isolasi dari plastik dan terbungkus oleh bahan isolasi yang mampu melindungi dari api dan kerusakan fisik.
Kabel UTP terdiri dari empat pasang inti kabel yang saling berbelit yang masing-masing pasang memiliki kode warna berbeda


Kabel UTP adalah jenis kabel yang terbuat dari bahan penghantar tembaga, memiliki isolasi dari plastik dan terbungkus oleh bahan isolasi yang mampu melindungi dari api dan kerusakan fisik.Kabel UTP terdiri dari empat pasang inti kabel yang saling berbelit yang masing-masing pasang memiliki kode warna berbeda.Kabel UTP tidak memiliki pelindung dari interferensi elektromagnetik, namun jenis kabel ini banyak digunakan karena harga yang relatif murah dan fungsinya yang memang sudah sesuai dengan standar yang diharapkan.

B. Fungsi UTP


  1. Digunakan sebagai kabel jaringan LAN (Local Area Network) pada sistem jaringan komputer, dan biasanya kabel UTP mempunyai impedansi kurang lebih 100 ohm, serta dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan kemampuannya sebagai penghantar data.

  2. Sebagai media penghubung sekaligus untuk membuat jaringan antar komputer 
     3.  Untuk dapat mentransmisikan data yang penting dari satu komputer dengan komputer lainnya dalam 1 jaringan 

C. Jenis - Jenis UTP 

1. Kabel lan UTP Cat 1, mempunyai kualitas transmisi yang paling rendah dipakai untuk jaringan telpon dan untuk penggunaan tranmisi suara analog

2. Kabel lan UTP Cat 2, kecepatan maksimum 4 Mbps, aslinya dimaksudkan untuk mendukung Token Ring network dan prortkol local talk ( Apple ) lewat UTP.

3. Kabel lan Cat 3, dengan kecepatan maksimum 10 Mbps. Kabel lan ini bisa dipakai untuk jarigan telpon dan merupakan pilihan kabel lan UTP masa silam. Digunakan untuk pengiriman data transmisi network hingga 16 MHz.

4. Kabel lan UTP Cat 4, kecepatan maksimum adalah 16 Mbps, umum dipakai jaringan versi cepat Token Ring. Digunakan untuk keperluan komunikasi data da suara hingga kecepatan 16 megabit perdetik.

5. Kabel lan Cat 5, kecepatan maksimum 1 Gigabps, sangat popular untuk kabel lan desktop. Digunakan untuk menghantarkan komunikasi data dan suara pada kecepatan hingga 100 Mbps.

6. Kabel lan UTP Cat 5e, dengan kecepatan maksimum 1 Gigabps, tingkat emisi lebih rendah, lebih mahal dari Cat 5 akan tetapi lebih bagus untuk jaringan Gigabit.

7. Kabel lan UTP Cat 6, kecepatan maksimum adalah 1 Gigabps+, dimaksudkan sebagai pengganti Cat 5e dengan kemampuan mendukung kecepatan-2 multigigabit.

D. Jenis pengkabelan


Gambar pengkabelan UTP

1. T568-A adalah kabel lan UTP jenis straight through, kedua ujung penempatan kabel pada pin-2 konektor RJ-45 adalah sama. Urutan kabel nya :
  • Putih Hijau
  • Hijau
  • Putih Oranye
  • Biru
  • Putih Biru
  • Oranye
  • Putih Coklat
  • Coklat

2. T568-B adalah kabel lan UTP jenis cross-over. Anda bisa perhatikan dengan seksama pada kabel cross-over ini, pasangan pin 2 dan 5 dan pasangan pin 1 dan 3 bertukar tempat. Urutan kabelnya :
  • Putih Oranye
  • Oranye
  • Putih Hijau
  • Biru
  • Putih Biru
  • Hijau
  • Putih Coklat
  • Coklat
E. Fungsi Kabel setiap warna pada kabel UTP

  1. Orange : berfungsi untuk mengirim paket data. 
  2. Putih orange : berfungsi untuk mengirim paket data. 
  3. Hijau : berfungsi untuk mengirim paket data. 
  4. Putih Hijau : berfungsi untuk mengirim paket data. 
  5. Biru : berfungsi untuk mengirim paket suara. 
  6. Putih Biru : berfungsi untuk mengirim paket suara. 
  7. Coklat : berfungsi untuk mengirim arus DC. 
  8. Putih Coklat : berfungsi untuk mengirim arus DC 

Sekian post kali ini dan maaf jika informasi yang diberikan kurang memuaskan
Terima kasih telah mengunjungi blog ini dan semoga bermanfaat !

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.......... =D



0 komentar:

Posting Komentar